Selamat Datang di web Prodi Ilmu Hadis - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Hadis

Dosen dan Mahasiswa Prodi Ilmu Hadis Melaksanakan Pengabdian di Lembaga Pendidikan Malaysia

Blog Single

Selangor, 30 November 2023 - Dosen dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis IAIN Kudus melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional dengan memberikan kontribusi edukatif di sebuah lembaga pendidikan di Malaysia. Kegiatan berlangsung pada tanggal 30 November 2023 di salah satu lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Malaysia.

Dalam upaya memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan, tim Prodi Ilmu Hadis melibatkan dosen dan mahasiswa aktif untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Kegiatan ini dilaksanakan dalam kerjasama yang erat antara Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus dan PCINU Malaysia.

Mahasiswa Prodi Ilmu Hadis, Fulaifah Az-Zahra, memberikan pengajaran kepada anak-anak TPQ dari berbagai kelompok usia. Mereka tidak hanya memberikan pelajaran membaca Al-Quran, tetapi juga memperkenalkan doa-doa harian yang bersumber dari hadis Nabi Muhammad SAW. Metode pembelajaran yang digunakan didesain untuk memudahkan pemahaman dan meningkatkan kedekatan anak-anak dengan nilai-nilai keislaman.

Muhammad Misbah, Dosen Prodi Ilmu Hadis, menyatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kontribusi positif kepada pendidikan keagamaan anak-anak di luar negeri. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi lintas negara dalam memperkaya pengalaman dan memperluas pemahaman terhadap keberagaman budaya dan agama.

Pihak lembaga pendidikan Malaysia menyambut baik kehadiran tim Prodi Ilmu Hadis dan menyatakan rasa terima kasih atas kontribusi berharga yang diberikan. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat pendidikan kepada anak-anak TPQ, tetapi juga mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia melalui kolaborasi pendidikan.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan keagamaan dapat menjadi jembatan untuk mempererat hubungan antarbangsa dan meningkatkan pemahaman bersama terhadap nilai-nilai agama.

Share this Post: