Selamat Datang di web Prodi Ilmu Hadis - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Hadis

Prodi Ilmu Hadis Siap Mengimplementasikan MBKM, Monev Persiapan Dilakukan Sebelum Semester Ganjil

Blog Single

Tanggal 25 Mei 2023, Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus telah mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dalam persiapan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk semester Ganjil 2023-2024 mendatang. Kegiatan Monev ini bertujuan untuk memastikan bahwa Prodi Ilmu Hadis siap melaksanakan program MBKM sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program MBKM merupakan bagian dari inisiatif Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam mengembangkan potensi dan kompetensi di luar kurikulum akademik. Prodi Ilmu Hadis, sebagai salah satu prodi di IAIN Kudus, telah berkomitmen untuk melaksanakan program MBKM demi meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan kemampuan mahasiswa.

Dalam kegiatan Monev, tim dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kudus melakukan peninjauan terhadap persiapan Prodi Ilmu Hadis dalam mengimplementasikan program MBKM. Mereka memeriksa dan mengevaluasi berbagai aspek, termasuk rencana kegiatan, strategi pelaksanaan, dan dukungan yang diberikan kepada mahasiswa.

Muh. Amirudin, Koordinator Prodi Ilmu Hadis, menjelaskan bahwa persiapan implementasi MBKM telah melibatkan kolaborasi antara dosen, staf, dan mahasiswa Prodi Ilmu Hadis. Mereka telah menyusun rencana kegiatan yang beragam, seperti kegiatan pengabdian masyarakat, pelatihan keterampilan, partisipasi dalam konferensi ilmiah, serta pengembangan proyek penelitian.

"Kami sangat antusias menyambut implementasi MBKM di semester Ganjil mendatang. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi di luar ruang kelas dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks," ungkap Pak Amir.

Dalam Monev, tim LPM memberikan umpan balik dan rekomendasi yang akan menjadi panduan bagi Prodi Ilmu Hadis dalam melakukan perbaikan dan penyempurnaan sebelum memulai implementasi program MBKM. Prodi Ilmu Hadis berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna memastikan keberhasilan program MBKM dan memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa.

Melalui partisipasi dalam program MBKM, Prodi Ilmu Hadis di IAIN Kudus berharap dapat meningkatkan reputasi dan pengakuan prodi dalam bidang studi Hadis. Dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan di luar kurikulum, prodi ini berupaya memberikan pengalaman yang berharga serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi individu yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Dengan hasil positif dari Monev persiapan implementasi MBKM ini, Prodi Ilmu Hadis siap memulai semester Ganjil dengan semangat baru. Dosen dan staf akan terus mendukung mahasiswa dalam mengikuti kegiatan MBKM dan memastikan bahwa mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Mahasiswa Prodi Ilmu Hadis juga menyambut baik program MBKM ini. Mereka menganggapnya sebagai peluang emas untuk mengembangkan diri, mengeksplorasi minat dan bakat mereka di luar mata kuliah utama, serta memperluas jaringan dan koneksi dalam bidang studi Hadis.

Dalam rangka memastikan kesuksesan program MBKM, Prodi Ilmu Hadis juga akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi internal. Dosen dan staf akan melibatkan mahasiswa dalam proses evaluasi untuk mendapatkan masukan dan umpan balik yang berharga guna melakukan perbaikan yang diperlukan.

Dengan adanya implementasi program MBKM di Prodi Ilmu Hadis, diharapkan bahwa mahasiswa akan memiliki pengalaman yang holistik dan komprehensif dalam menjalani pendidikan tinggi. Mereka akan dilengkapi dengan pengetahuan akademik yang kuat, keterampilan yang relevan, serta sikap dan nilai-nilai yang baik, sehingga dapat menjadi lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi dunia kerja yang dinamis.

Share this Post: