Selamat Datang di web Prodi Ilmu Hadis - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Hadis

Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus Jalin Kerjasama dengan PAI STIT Diniyah Puteri untuk Sukseskan Program MBKM dan Publikasi Ilmiah

Blog Single

Padang Panjang, 17 Juni 2023 - Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus telah menjalin kemitraan yang erat dengan PAI (Pendidikan Agama Islam) STIT Diniyah Puteri. STIT merupakan sebuah institusi pendidikan di bawah naungan Pesantren Diniyah Puteri Padang Panjang, sebuah pesantren puteri tertua di Indonesia . Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat program Mahasiswa Mendapatkan Kesempatan Merdeka (MBKM) dan mendorong publikasi ilmiah di bidang studi Ilmu Hadis.

Melalui kerjasama ini, Prodi Ilmu Hadis dan PAI STIT Diniyah Puteri berkomitmen untuk saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di bidang studi Ilmu Hadis. Berikut adalah beberapa langkah yang akan diambil dalam rangka kerjasama ini:

  1. Pertukaran Mahasiswa: Prodi Ilmu Hadis dan PAI STIT Diniyah Puteri akan memfasilitasi pertukaran mahasiswa antara kedua institusi. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari kedua belah pihak untuk mengalami lingkungan belajar yang berbeda dan mendapatkan wawasan baru.
  2. Kolaborasi Riset: Dalam upaya meningkatkan publikasi ilmiah di bidang Ilmu Hadis, kedua institusi akan bekerja sama dalam proyek-proyek penelitian. Dosen dan mahasiswa dari Prodi Ilmu Hadis akan bekerja sama dengan tenaga pengajar dari PAI STIT Diniyah Puteri untuk menghasilkan penelitian berkualitas tinggi yang dapat dipublikasikan di jurnal-jurnal terkemuka.
  3. Seminar dan Workshop: Kerjasama ini juga akan melibatkan penyelenggaraan seminar dan workshop bersama. Seminar dan workshop tersebut akan membahas topik-topik terkait Ilmu Hadis dan Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan kebutuhan akademik dan praktik di masyarakat. Dalam acara ini, para akademisi, dosen, dan mahasiswa dari kedua institusi akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.
  4. Pertukaran Sumber Daya: Prodi Ilmu Hadis dan PAI STIT Diniyah Puteri akan saling berbagi sumber daya, termasuk perpustakaan, jurnal, dan database riset. Hal ini akan memperkaya akses informasi bagi mahasiswa dan dosen di kedua institusi, sehingga mereka dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang Ilmu Hadis.

Kerjasama antara Prodi Ilmu Hadis dan PAI STIT Diniyah Puteri dalam mendukung Program MBKM dan publikasi ilmiah di bidang Ilmu Hadis diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua institusi. Diharapkan pula bahwa kerjasama ini akan memperluas wawasan mahasiswa, meningkatkan kualitas pendidikan, dan berkontribusi pada perkembangan kedua program studi  secara lebih luas

Share this Post: