Selamat Datang di web Prodi Ilmu Hadis - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Hadis

Terus Berinovasi, Prodi Ilmu Hadis Menggelar Pelatihan EduGame untuk Pembelajaran Hadis yang Interaktif

Blog Single

Demak - Program Studi Ilmu Hadis IAIN Kudus kembali mengukuhkan komitmennya dalam terus berinovasi dalam bidang pendidikan dengan menggelar pelatihan edugame hadis yang interaktif. Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk memperkaya metode pembelajaran dan meningkatkan minat mahasiswa terhadap studi hadis.

Pelatihan edugame hadis ini dilaksanakan di Aula Sudi Media pada tanggal 6 Juni 2023, dengan menghadirkan 22 mahasiswa yang bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini. Dalam rangkaian pelatihan ini, para peserta didik didampingi oleh 3 dosen pendamping lapangan yang berpengalaman di bidang ilmu hadis. Dalam upaya menjadikan pembelajaran hadis lebih interaktif dan menarik, Program Studi Ilmu Hadis menggunakan pendekatan edugame. Konsep ini menggabungkan unsur permainan dan pembelajaran hadis, dengan tujuan agar mahasiswa dapat memperdalam pemahaman mereka dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

Muh. Amirudin, salah satu dosen pendamping lapangan, menyatakan, "Kami sangat bersemangat dengan antusiasme mahasiswa dalam pelatihan edugame hadis ini. Pendekatan pembelajaran yang interaktif ini memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan lebih efektif. Kami berharap ini akan meningkatkan pemahaman dan minat mahasiswa terhadap studi hadis."

Program Studi Ilmu Hadis juga berencana untuk memperluas manfaat dari pelatihan ini dengan menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan dan organisasi keagamaan terkait. Tujuannya adalah untuk menyelenggarakan workshop edugame hadis yang lebih luas, guna memperluas akses dan memberikan manfaat kepada masyarakat umum dalam memahami dan menghargai warisan intelektual Islam.

Dengan pelatihan edugame hadis ini, Program Studi Ilmu Hadis IAIN Kudus  terus berkomitmen untuk menghadirkan pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Dalam era digital yang terus berkembang, Program Studi Ilmu Hadis memahami pentingnya mengadopsi pendekatan modern agar pembelajaran hadis tetap menarik dan efektif bagi mahasiswa.

Selain itu, pelatihan edugame hadis ini juga menjadi salah satu langkah konkret dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa depan. Dengan memanfaatkan teknologi dan menggabungkannya dengan pendekatan tradisional, diharapkan pembelajaran hadis dapat lebih mengakomodasi gaya belajar yang beragam serta memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Share this Post: