Selamat Datang di web Prodi Ilmu Hadis - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Hadis

Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus Undang Prof. Dr. Alwi Hamid bin Syihabuddin dari Yaman dalam Seminar Internasional tentang Kontekstualisasi Hadis di Era Modern

Blog Single

Kudus, 7 Juli 2023 - Program Studi Ilmu Hadis di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus mengadakan seminar internasional yang bertujuan untuk membahas pentingnya kontekstualisasi hadis di era modern. Acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 mahasiswa Prodi Ilmu Hadis ini merupakan inisiatif untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi hadis yang relevan dengan perubahan zaman.

Seminar yang berlangsung di Aula Perpustakaan Lantai 4 IAIN Kudus ini menjadi wadah bagi mahasiswa, akademisi, dan para ahli hadis dalam mendiskusikan isu-isu terkini terkait kontekstualisasi hadis. Kehadiran Profesor Habib Alwi Hamid bin Syihabuddin dari Yaman, seorang tokoh terkemuka dalam bidang hadis, memberikan nilai tambah yang besar pada acara tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Kudus, Profesor Abdurrahman Kasdi, menyampaikan harapannya agar seminar ini dapat memberikan wawasan baru tentang bagaimana hadis dapat diterapkan secara kontekstual dalam kehidupan modern. Beliau juga mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara IAIN Kudus dan Darul Hadis Yaman dalam mengadakan acara ini.

Selain menjadi narasumber utama, Profesor Habib Alwi Hamid bin Syihabuddin juga menjadi salah satu penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Kudus dengan Darul Hadis Yaman. MoU ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama akademik dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu hadis antara kedua institusi.

Dr. Fauzan Azim, seorang dosen Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus, bertindak sebagai moderator dalam seminar ini. Ia mengarahkan jalannya diskusi dan memfasilitasi pertanyaan dari peserta. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas dalam bidang hadis, Dr. Fauzan Azim menjaga kelancaran acara dan memastikan tujuan seminar tercapai.

Seminar ini berlangsung selama satu hari penuh, dimulai dengan pemaparan materi oleh Profesor Habib Alwi Hamid bin Syihabuddin tentang pentingnya kontekstualisasi hadis di era modern. Dilanjutkan dengan  diskusi oleh beberapa akademisi dan mahasiswa yang mengulas topik terkait.

Partisipasi lebih dari 100 mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis IAIN Kudus memberikan suasana yang dinamis dan interaktif dalam seminar ini. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi, menunjukkan antusiasme mereka untuk mempelajari dan menerapkan hadis dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Seminar internasional ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mengembangkan kerjasama akademik dan penelitian di bidang hadis antara IAIN Kudus dan Darul Hadis Yaman. Dengan memahami relevansi dan kontekstualisasi hadis di era modern, diharapkan bahwa peserta seminar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan untuk meningkatkan pemahaman Islam yang sesuai dengan zaman.

Dengan semangat yang tinggi, seminar internasional ini telah membawa Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus menjadi pusat diskusi yang berkualitas tentang hadis di era modern. Kerjasama dengan para ahli dan institusi terkemuka di bidang hadis, seperti Darul Hadis Yaman, akan terus ditingkatkan untuk menghasilkan pemikiran yang inovatif dan relevan dalam pengembangan ilmu hadis di masa depan.

 

Share this Post: