Selamat Datang di web Prodi Ilmu Hadis - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Ilmu Hadis

PRODI ILMU HADIS IAIN KUDUS MENGADAKAN SEMINAR VOKASI UNTUK PENGUATAN LITERASI NASKAH HADIS KUNO NUSANTARA

Blog Single

Kudus, 15 Juni 2023 - Prodi Ilmu Hadis Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus menyelenggarakan seminar vokasi yang bertujuan untuk memperkuat literasi naskah hadis kuno Nusantara. Seminar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Ilmu Hadis tersebut dilaksanakan dengan sukses pada hari Kamis, 15 Juni 2023.

Seminar vokasi ini mengusung tema "Penguatan Literasi Naskah Hadis Kuno Nusantara" dan dihadiri oleh narasumber yang berkompeten dalam bidang tersebut, yaitu Prof. Islah Gusmian. Beliau adalah seorang pakar naskah kuno dan sejarah keislaman yang telah banyak berkontribusi dalam penelitian naskah kuno Nusantara.

Prof. Islah Gusmian memberikan kuliah umum yang berfokus pada pentingnya memahami dan mempelajari naskah-naskah hadis kuno Nusantara sebagai bagian dari warisan intelektual Islam di Indonesia. Beliau juga mengungkapkan betapa relevannya naskah-naskah tersebut dalam memahami sejarah, kebudayaan, dan tradisi Islam di wilayah Nusantara.

Moderator seminar ini adalah M. Arif Friyadi, seorang dosen di Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus yang memiliki keahlian dalam bidang kajian hadis dan literatur Islam. Ia bertugas memandu jalannya seminar, memoderasi diskusi, dan menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang relevan kepada Prof. Islah Gusmian.

Selama seminar, para mahasiswa Prodi Ilmu Hadis diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan terkait metode penelitian naskah hadis kuno Nusantara, tantangan yang dihadapi dalam menginterpretasi naskah-naskah tersebut, serta strategi untuk memperluas pemahaman tentang literasi hadis kuno Nusantara di kalangan masyarakat.

Wakil Dekan 1 Fakultas Ushuluddin Dr. Abdul Karim, SS. MA  mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan penyelenggaraan seminar vokasi ini. Ia berharap bahwa seminar ini dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa dan membangkitkan minat mereka dalam mengkaji serta melestarikan naskah hadis kuno Nusantara.

Seminar vokasi tentang literasi naskah hadis kuno Nusantara ini menjadi salah satu upaya Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus untuk mengembangkan kompetensi mahasiswanya dalam bidang ilmu hadis. Dengan pemahaman yang mendalam tentang naskah-naskah hadis kuno, diharapkan mahasiswa dapat menjadi generasi yang mampu memelihara dan memperkaya kearifan lokal Islam di Indonesia.

Semoga seminar vokasi ini menjadi awal yang baik untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap literasi naskah hadis kuno Nusantara di kalangan mahasiswa Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus. Selain itu, diharapkan seminar ini juga dapat mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan dalam bidang literasi hadis kuno Nusantara.

Dalam sambutannya, Prof. Islah Gusmian menyampaikan pentingnya upaya pemeliharaan dan penelitian terhadap naskah-naskah hadis kuno Nusantara sebagai bagian dari identitas keilmuan Islam di Indonesia. Beliau mengajak para mahasiswa untuk aktif dalam menggali, menerjemahkan, dan menganalisis naskah-naskah tersebut guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang warisan keislaman Nusantara.

Diskusi yang berlangsung antara mahasiswa dan Prof. Islah Gusmian sangat menarik. Mahasiswa membahas berbagai aspek terkait literasi naskah hadis kuno Nusantara, seperti metode penelitian, pengaruh budaya lokal terhadap penulisan hadis, serta upaya pemeliharaan dan penyebarluasan naskah-naskah tersebut.

M. Arif Friyadi, selaku moderator, turut memberikan kontribusi yang berharga dalam mengarahkan diskusi dan menjaga kelancaran jalannya seminar. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Prof. Islah Gusmian atas kontribusinya dalam memajukan studi hadis kuno Nusantara serta membantu mahasiswa dalam memperluas wawasan keilmuannya.

Seminar vokasi ini diakhiri dengan kesimpulan bahwa pemahaman dan literasi naskah hadis kuno Nusantara memainkan peran penting dalam menjaga kearifan lokal Islam di Indonesia. Mahasiswa Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus diharapkan dapat menjadi generasi penerus yang berperan aktif dalam pemeliharaan, penelitian, dan penyebarluasan naskah-naskah tersebut.

Seminar vokasi tentang penguatan literasi naskah hadis kuno Nusantara di Prodi Ilmu Hadis IAIN Kudus menjadi langkah awal yang positif dalam mengapresiasi dan mempelajari warisan intelektual Islam di Indonesia. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan guna memperkuat kualitas pendidikan dan penelitian di bidang ilmu hadis serta menghasilkan generasi yang terampil dan berkompeten dalam menjaga dan mengembangkan keilmuan Islam Nusantara.

Share this Post: